Category Archives: Uncategorized

TIPS MENGGUNAKAN SOFTLENSE

Standard

Hallo readers, mau nulis lagi nih. I do like to share to others. Well kali ini saya mau berbagi mengenai tips menggunakan soft lense ala ismafirliani ya. Say tipikal orang yang sangat takutan sebenernya. Saya baru 2 tahunan kali ya pake soft lense. Cuma sudah banyak mengalami asam manis menggunakan softlense, sometimes being beauty is so pain. Oke well, berikut ini beberap tips dari saya.

1. Persiapkan Mental

Oke, hal pertama sebelum menggunakan softlense tentunya menyiapkan mental ya.. saya butuh 2 tahun untuk menyiapkan diri ini menggunakan softlense, btw mata saya yang kanan miop -0.75 dan yang kiri -0.50 

Kalo kamu ga berani ya gausah. Memasukan suatu benda asing ke salah satu organ semi dalam seperti mata cukup berisiko memang ya. Jadi kamu memang mesti tau dulu konsekuensi dan risiko terbesarnya apa. Pokoknya perbanyak referensi membaca dan bertanya untuk menguatkan mental kamu.
2. Memilih softlense

Nah, ini penting juga untuk pengguna softlense pemula. Saya rekomendasikan untuk memilih produk lokal saja dulu yang bisa kalian beli di optik. Saya ga rekomendasikan kalo pertama kali beli, langsung beli produk impor via online. Walaupun dari yang say rasakan, produk impor lebih nyaman dipakai dan lebih lucu-lucu da elegan warna dan motifnya. Dan untuk ukuran pakai aja ukuran normal. Normalnya sih diameter 14 mm, cuma aku biasanya pakai yang diameer 14.5 mm atau 15 mm. 

O iya, btw aku juga ga rekomendasikan untuk pemula yang langsung nyoba pakai softlense nobulk yang putih hampir bening. Karena aku sih beberapa kali pakai masih kadang tebalik, dan secara fisik, softlense nobulk tipis bangettt, nempel lengket banget di mata, enak sih dipakai, kayak ga pakai softlense. Kalo wudhu juga di tetep stay on your cornea. Cuma.. saking nyamannya, kalo kamu kelamaan make pasti lupa netesin cairan ke bola mata kamu. Aku pernah Januari lalu pake nobulk berjam-jam dan ga bawa cairan, pas ashar mau sholat dan mau nyopot, waw gabisaaaa, biasanya kalo yang biasa aku wudhu aja, kelopak mata kena air, softlense langsung bergeser, ini enggaaaaaaa. Saking tipisnya udh kayak nempel menyatu kayak iris mata asli. Nah kalau kayak gini, plis jangan panik. Saat itu aku lanjut sholat Ashar dulu, tapi sebelumnya aku bilang dulu ke temen, kalo sesampainya di Bogor, anter aku ke rumah sakit, aku udah memperhitungkan risiko terbesar, mungkin aku harus operasi kecil. So, jadi pelajaran banget buat aku, kalo aku pake nobulk ga berani kalo makenya ampe 5 jam. 2 sampai 3 jam itu udah cukup hehe.
3. Menjaga kebersihan diri (higienitas) dan kebersihan lingkungan (sanitasi)

Waw, ini nih, aku pernah mengalami iris mata jadi bernanah, dari warna hitam jadi kuning hampir 1/3 bagian, aduh panik sih awalnya, vitrous humour pun dari putih berubah jadi merah dan urat-uratnya jadi ungu tegang. Gara-gara aku ngelanggar cara menggunakan softlense dengan aman yang hanya 5-6 jam sehari. Saat itu aku pakai sampai 16 jam selama 2 hari berturut-turut dan aku ngetrack pake motor ke Bandung Barat. Bandel emang. Akhirnya bilang ke orang tua, tips dari aku, kita tetep tenang pas ngadu, akhirnya berobat, dikasih obat tetes 2-3 hari mata sembuh, cuma selama itu belekan bangettt setiap bangun pagi. Jadi jangan lupa ya selain jangan kelamaan pakai, cuci tangan paki sabun sebelum menggunakan, lalu bilas lagi telapak tangan menggunakan cairan untuk softlense, lalu selalu berikan obat tetes anti bakteri setelah menggunakan softlense. Intinya jangan pelit air softlense, soalnya kalo udah matanya kenapa-napa, biaya yang dikeluarkan akn lebih besar.
4. Memasang softlense

Nah, sebelum memasang softlense jangan lupa dulu lihat bagian mana yang harus menempel ke mata dan bagian mana yang akan bersentuhan dengan udara. Kalau kebalik rasanya akan ga enak banget, dan softlense pun tidak akan bisa diam menempel pada kornea, akan bergeser-geser di mata. Sekali lagi, jangan panik! Teteskan cairan softlense beberapa tetes ke bola mata, lalu buka perlahan, biasanya agak sulit, nanti akan saya bahas cara untuk membuka softlense di point berikutnya. Pokoknya sebelum memasang softlense, saya selalu membilas lensa dengan cairan khususnya terutama pada bagian yang akan bersentuhan dengan mata.


5. Membuka softlense

Banyak sekali kasus softlense robek atau bahkan kornea mat yang robek gara-gara kasar saat melepas softlense. Tips membuka softlense dari Isma adalah:

– Cuci tangan dengan sabun

– Beri mata 3-4 tetes cairan softlense agar kornea tidak kering

– Tutup mata dan lakukan gerakan memutar perlahan pada kelopak (gerakan ini bertujuan melonggarkan lensa dari kornea)

– Bilas telapak tangan dan jari menggunakan softlense

– Arahkan bola mata agar melihat ke bawah

– Lepas soflense dengan cara agak menariknya ke bawah, jangan langsung ke depan.

– Beri mata obat tetes anti bakteri
6. Menyimpan softlense

Untuk menyimpan, hal ini juga cukup krusial. Jangan sampai tertukar antara kiri dan kanan. Karena dikhawatirkan akan tercampur jika salah satu terinfeksi kuman. Selain itu, jika seperti saya yang minusnya berbeda, jika salah-salah meletakan yang ada malah rusak nanti fokus mata kita kan. Saat menyimpan juga jangan lupa untuk selly mengganti cairannya, bagusnya sih setiap hari ya, meskipun tidak sedang akan kita gunakan. 

Oke, mungkin cuma segini sih tulisan yang bisa saya sampaikan berdasrkan pengalaman pribadi, semoga bisa bermanfaat ya dear 😉

Pintaku pada-Mu

Standard

Yaa Allah, hamba meminta ini dari dulu, dari dulu banget Yaa Allah. Hmm, bukan permintaan duniawi, tapi permintaan perbaikan akhlak yang semoga Engkau berika  secepatnya Yaa Allah, secepatnya hamba mohon.

Hamba tidak suka mendengar orang menghina fisik seseorang, apalagi penghinaan itu dilakukan oleh orang yang hamba sayang dan hamba segani. Hamba bisa apa selain menegur halus dan memohon bantuan-Mu Yaa Rabb.

Sungguh hamba tidak suka. Fisik adalah salah satu takdir, salah satu ketetapan yang Engkau titipkan tanpa kita bisa nego sebelumnya kan. 

Oh Yaa Rabb, bukakanlah pintu hatinya, lembutkanlah hatinya agar sifat-sifat buruk untuk menghina dihilangkan dari lisannya, dari pikirannya, dari hatinya. Berikanlah kebaikan yang berlimpah kepada beliau juga kepada hamba. 

Bantulah hamba untuk yakin bertawakkal akan pengabulan doa-doa darimu Yaa Rabb, aamiin. 

Teman-Teman Sepermainan Isma di Sekolah

Standard

Ainul Khudri – Arsitektur Lanskap 2012

Will miss this chiliboy so. Padahal cuma akan ga ketemu sebulan ajasih 😂😂😂 Bener-bener thick and thin friend, dalam keadaan dompet penuh dan dompet kosong, dari candle light dinner di restoran sampe makan di tempat nongkrong wifi bara sama cabe-cabean dengan duit 13 rebu dibagi 2, haha gila. Sering banget ngasih bunga tiap ada wisudaan, baik diminta atau pun kesadaran sendiri, dan selalu beliin yang buket ya, ga setangkai. Temen belanja bulanan, peka banget bawain barang belanjaan tanpa diminta *kadang sih ini. Gue jadi belajar banyak produk-produk perawatan tubuh dari elu. Sabun, scrub, pasta gigi, ampe masker. Walaupun sering ga berguna untuk menembus bogor yang macet karena selalu minta dibonceng 😂 laki macem apa ini (emangnya laki). Jangan mentang-mentang udah ga ada temen di bogor, lu jadi rajin ngerjain skripsi. Pokoknya jangan rajin-rajin ya ngerjain skripsinya ya, plis gue ga mau kesaing, mesti gue duluan yang lulus, lu mah ntaran aja.

Yusrizal – Kimia 2011

Kalo ini kek P-man, abang gue yang siaga selalu. Orang pertama yang selalu gue hubungi kalo lagi kenapa-napa atau lagi sakit. Hapal gue banget dari jaman dulu yangmanja banget, yang bisa 3 hari ga makan karena mager, ntar pasti ditanyain mau dibeliin makan apa, ntar dianterin ke kosan. Atau kalo gue panik nangis nyasar atau sendirian, pasti dateng meskipun bela-belain minjem motor orang atau ninggalin rapat. Dan selalu ngajak gue main, meskipun dia mau main sama ceweks nya (huruf s menandakan jamak 😂). Ceweksnya di traktir, gue juga ditaktir, ceweknya dibeliin boneka, gue juga dibeliin. Nyebelinnya? Banyak! Beratemnya? Sering! Tapi lupa apa aja 😂 Pokoknya dia sangat-sangat berjasa buat gue. Terutama setiap menang lomba *traktiran. Kalo keduluan Bang Yus lulusnya gapapa, cian udah semester 12, kebanyakan lomba 😂

Oki Setiawan – Budi daya Perairan 2013

Kalo ini dedek kudanil manja. Paling peka kalo udah bilang, “yaudah”. Padahal kadang emang yaudah beneran, bukan yaudah cewe. Misalnya, “dedek dimanaaa, jemput kakak dongg mau sekolah kesiangan” | “ih kak lagi rebutan SC” | “Heueu, yaudah, kakak naik angkot aja” | (beberapa detik kemudian) “Kakak diem aja deh di kosan, saya jemput ke sana sekarang”.

Bener-bener lebih manja dari adik kandung gue yang masih SMA. Dari mulai masalah sekolah sampe masalah gadis, ngerengeknya ke gue. Ampe pengen belanja sepatu baru ngerengeknya ke gue minta bantu cariin. Kalo gue ga ada lama, paling ntar nyariin, tiba-tiba ada di depan kosan aja. Kalo mau kabur dsri ustadz buat setor hapalan juga larinya ke kosan gue, wqwq parah anak macam apa ini. Paling seneng kalo ngasih hasil masakan ke dia, pasti abis sebanyak apa pun itu, mau enak, mau ga enak, dimakan. Bisa dijadiin penasehat juga kalo lagi futur, tempat nanya keagamaan sama bacaan qur’an juga. Lagi pusing skripsian juga sama S2 nya, semoga skripsi S1nya, bisa sesuai target supaya S2 nya ga hangus.

Resep Cheevon Banana Cake (Bolu Pisang)

Standard

Hallo reader, kali ini saya akan berbagi resep sederhana untuk membuat bolu pisang yang volumetrik hoho. Bolu pisang ini bisa enak banget, tapi salah-salah resep malah jadi eneg.

Oke berikut ini resep yang saya buat, have a nice reading! 🙂
Bahan A:

– 3 putih telur

– 1/2 sdt vanili

– 1 sdt garam

– 100 gram gula pasir

Bahan B:

– 3 kuning telur

– 1/2 sdt garam

– 1 sdt baking powder

– 5 buah pisang ambon

– 100 gram gula pasir

– 90 gram tepung terigu

– 60 gram mentega cair

– 40 gram minyak goreng
PROSEDUR

1. Campurkan bahan A, kocok dengan kecepatan rendah selama 5 menit, kemudian ubah pada kecepatan tertinggi sampai adonan putih telur mengembang membentuk buih, kaku, dan tidak tumpah saat adonan dibalik. Sisihkan adonan A.

2. Buat adonan B, kocok kuning telur, gula pasir, garam, dan baking powder. Gunakan speed tinggi dan kocok hingga pucat. Masukan sedikit demi sedikit pisang ambon yang telah dihaluskan sebelumnya menggunakan garpu. Setelah tercampur rata, masukan terigu yang telah diayak sebelumnya. Dan terakhir masukan mentega dan minyak goreng secara perlahan pada adonan. Dan matikan mixer setelah tercampur rata.

3. Campurkan adonan A ke adonan B secara perlahan diaduk dan dibalik sampai menghasilkan tekstur akhir adonan campuran yang berbuih. Selagi mencampur adonan, pananskan oven atau pun baking pan, gunakan api kecil (jika menggunakan kompor), jika menggunakan oven listrik gunakan suhu 180 ‘C

4. Masukan adonan campuran pada loyang yang telah dilumuri mentega dan terigu sebelumnya.

5. Panggang adonan dengan api kecil selama kurang lebih 30 menit, dan tusuk dengan garpu atau pun ujung sendok untuk mengecek apakah bagian dalam adonan sudah matang atau belum. Jika belum, maka akan ada adonan yang teksturnya masih basah dan menempel pada garpu. Dan setelah api dimatikan, jangan langsung membuka pan, tunggu hingga suhu pan hampir mendekati suhu ruang (ditandai dengan ttup pan yang berembun. Cake siap disajikan dalam keadaan hangat.

Well, karena saya anak peternakan, jadi di akhir resep saya hendak memberi info sekaligus mengingat-ingat materi kuliah ya 🙂

1. Mengapa saat pengocokan putih telur harus diawali dengan speed rendah dan diikuti dengan speed tinggi?

Alasannya karena speed rendah berfungsi untuk memecah struktur protein menjadi lebih sederhana sehingga dapat membentuk buih-buih (dispersi koloid fase gas dalam fase cair) sebanyak mungkin, kemudian speed dinaikan menjadi sangat tinggi untuk memperbesar ukuran buih pada adonan. Buih dapat terbentuk dari pengocokan putih telur (albumin) akibat terdapatnya senyawa berupa beberapa protein yang mempunyai kemampuan dan fungsi yang berbeda-beda.

Ovomucin mampu membentuk lapisan atau film yang tidak larut dalam air dan dapat menstabilkan buih yang terbentuk. 

Globulin mempunyai kemampuan untuk meningkatkan kekentalan dan menurunkan kecenderungan pemisahan cairan dari gelembung udara juga dapat menurunkan tegangan permukaan, sehingga membantu tahapan pembentukan busa. Untuk membentuk gelembung udara yang kecil, banyak, dan lembut diperlukan tegangan permukaan yang rendah.

Sedangkan, ovalbumin adalah protein yang dapat membantu membentuk busa yang kuat.

2. Apa fungsi pembentukan buih pada adonan cake?

Untuk menghasilkan cake yang mengembang (tidak bantat) secara teknis atau perlakuan fisik dan tentunya dapat didukung dengan perlakuan kimiawi seperti penambahan bahan tambahan pangan (BTP) yang dapat ditambahkan sesuai ADI (Acceptable Daily Intake) yang dapat dicari di google.

3. Mengapa kuning telur ditambahkan pada adonan B bukan pada adonan A?

Karena kuning telur (yolk) memiliki sifat fisikokimia sebagai emulsifier yang dapat menyatukan air dan minyak. Pada adonan B terdapat penambahan pisang dan gula pasir yang memiliki kandungan air serta penambahan mentega cair dan minyak sehingga yolk dapat membantu menyatukan dua zat tersebut karena memiliki sisi hidrofilik dan lipofilik.

4. Mengapa sesaat setelah matang, baking pan jangan langsung dibuka?

Karena jika mengalami shock suhu, maka cake akan kempes. Biarkan suhunya turun hingga mendekati suhu ruang, barulah cake dibuka sehingga tidak mengalami shock lingkungan.
Have a nice reading mommies and ladies, semoga bermanfaat 😉

Make Up Tips and Learning about Make Up Brushes

Standard

Hello blog reader, kali ini saya mau menulis tentang meramu wajah ala-ala. Oke jangan kecewa ya ahahah ini tips dari seorang amatiran yang otodidak.

1. Lakukan perawatan wajah

Mau ga mau kamu harus melakukan perawatan karena kulit kita sudah tidak seperti kulit bayi karena terpapar radiasi matahari juga polusi. Ya mungkin masih ada lah ya yang kulitnya mulus tanpa diapa-apain tapi mungkin 1 dari 10 atau dari 20 dan Tuhan tidak menciptakan sama semua seperti itu kan, jadi ya wayahna harus merogok kocek. Kalau saya sendiri paling cuma pake day – night cream dan pencuci wajah dan sesekali maskeran (harusnya sih rutin).

Wajah tanpa make up, baru cuci muka aja

2. Kenali karakter wajah dan kulitmu

Nah ini dia, kamu harus belajar menganalisis wajahmu sendiri. Kalau saya, yang paling dominan dari wajah saya adalah alis yang terlalu tebal dan mata yang beler 😂 untuk itu saya meminimalisir penggunaan riasan di mata sebenarnya karena jika terlalu banyak mengaplikasikan riasan di mata hasilnya malah akan terlalu menor. Namun karena mata saya yang beler, untuk aplikasi daily make up, saya menggunakan 2 opsi, kalau tidak menggunakan eye liner saya menggunakan soft lense.

Nah itu foto di atas contoh make up menor. Tapi ga masalah lah ya kalo buat acara pesta tapi jangan sampai ke up seperti ini diterapkan sebagai daily make up, karena bukannya cantik yang akan kamu dapatkan, tapi malah kayak bencong mau ngamen 😂

Nah, setelah karakter wajah, kamu juga harus tahu warna kulitmu, apakah dia itu lebih pink atau kuning. Untuk orang dengan warna kulit kuning sebenarnya cocok menggunakan warna bedak atau foundation apa pun, tapi lain halnya dengan orang dengan warna kulit pink. 

Saya sendiri memiliki warna kulit jenis pink yaitu warna kulit untuk orang sawo matang. Dan ladies, menurut saya sih, kamu yang memiliki warna kulit ini jangan menggunakan bedak warna putih atau pun coklat. Kalo kita tanya-tanya ke tukang kosmetik pasti sarannya sama, memilih warna bedak 1 tone lebih gelap dari warna kulit kita. Tapi dari hasil yang saya aplikasikan, mengikuti tips itu malah menghasilkan riasan yang ga banget. Nah saya sebenernya ga sengaja, nyoba warna bedak yang cenderung kuning, dan hasilnya menurutku paling cocok teraplikasi di wajah. Kalau pake warna bedak yang cenderung pink lagi atau putih justru malah kayak numpang.

Untuk foundation, saya sebenernya menggunakan warna yang agak pink (karena salah beli), saya menggunakan foundation dari Make Over nomor 02 (pink shade) nah cuma untuk bedaknya, saya pake La Tulipe Two Function Cake nomor 03 (recommended banget!). Dan karena alis saya hitam legam, itu membawa efek ga cocok menggunakan lipstik warna-warna soft, karena akan numpang dan aneh, tapi jangan juga pakai warna lipstik yang too bold atau dark, karena akan terkesan tua hasilnya, makanya saya selalu pakai warna yang menyala tapi redup, sekarang sih lagi ngerasa cocok banget sama mate colorshow warna cherry on top (no 203) dari Maybelline.

Warna kulit kamu juga sangat mempengaruhi pemilihan warna softlense yang harus kamu gunakan. Kalo kamu seperti saya dengan alis hitam tebal dan warna kulit ga putih, warna brown hazel itu beneran ga akan cocok deh. Kamu lebih baik pilih warna hitam, navy, atau grey, warna itu akan lebih menyatu dengan karakter wajahmu.

3. Gunakan alat bantu untuk merias wajah

Nah ini dia, saya baru-baru ini mencoba dan hasilnya ternyata berbeda nyata. Kadang banyak orang yang enggan menggunakan foundation atau BB cream karena biasanya akan jerawatan, sebenarnya itu karena salah dalam mengaplikasikan. Umumnya kita mengaplikasikasikan foundation langsung menggunakan tangan, sebaiknya menggunakan kuas, sponge dropper, atau sikat wajah. Kalau saya sendiri, lebih enak mengaplikasikannya menggunakan egg sponge dropper seperti ini, soalnya praktis.

Bagian tumpul kamu gunakan untuk meratakan foundation pada permukaan wajah yang luasannya besar sedangkan bagian yang lancip kamu gunakan untuk bagian-bagian bersudut seperti samping dan bawah hidung atau pun ujung dan bagian bawah kelopak mata.

Nah untuk mengaplikasikan riasan lainnya, saya lebih memilih kuas naked 5 (kw sih wqwq) dengan jenis-jenisnya yang tidak terlalu sulit untuk dihafal.

Awalnya saya hanya mengaplikasikan bedak menggunakan puff nya saja, namun untuk menghasilkan permukaan yang rata, penggunaan puff menghasilkan riasan yang terlalu tebal seperti ini.

Tapi langsung mengaplikasikan bedak menggunakan brush ternyata hasilnya kurang bagus juga seperti ini.

Dan ternyata setelah saya kolaborasikan pengunaan puff dan brush, hasilnya paling optimal sih, seperti ini.

Dan untuk memberikan tambahan riasan supaya pink-pink di pipi, saya lebih suka menggunakan lipstik dari pada blush on, itu tips make up ala gadis-gadis korea. Tapi tetep ya ladies, bedakan bagian lipstik yang biasa kamu aplikasikan untuk bibir dan untuk pipi.

Kalau kamu punya bronzer bisa kamu aplikasikan untuk membentuk kontur wajah sebelum menggunkaan perona pipi. Untuk kontur, kamu bisa menarik garis dari telinga menuju bibir, sedangkan untuk perona pipi bisa kamu lakukan dengan menarik garis dari atas telinga menuju ke arah hidung dan tambahkan sedikit di bagian dagu.

4. Perbanyak referensi

Dalam mempelajari apapun, semakin banyak sumber, maka semakin banyak ilmu dan inspirasi. Kamu bisa baca dari web, nonton video make up di you tube atau pun di instagram.

Well cuma segitu postingan kali ini, semoga bermanfaat ya ladies 🙂

Bercita-cita Menjadi Orang Baik

Standard

Waaw lama iis ga nulis di blog nih. Yaps, jangan diketawain ya kalo anak badung punya cita-cita tinggi kayak gini. Kan pas esde diajarin gantungkanlah cita-citamu setinggi langit toh. Gue banyak belajar selama sekolah di kampus ini. Banyak belajar dari temen, haters, sohib, mantan, hts, gebetan, dan semuanya yang hadir di hidup gue. Kalaulah gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, maka manusia haruslah meninggalkan kesan baik. Well, belajar menjadi pengamat seseorang yang ketika dia sudah pergi dari lingkaran kehidupan gue saat ini, dan yang gue inget tentang dia hanyalah kesan baiknya. Baik pada orang tua, teman, anak-anak, pedagang, haters, dan juga hewan. Kalaulah banyak orang yang ilmu agamanya lebih tinggi, tapi sedikit sekali orang yang mengamalkannya untuk berakhlak agama. Menjadi orang baik yang dimulai dari sederhananya sebuah sunggingan senyum. Tentang tidak membenci orang, tentang tidak berburuk sangka, tentang sabar, dan sederhana. Aku terpana. Wqwq. Udah deh gitu aja. Mageur ngetik banyak.

#pesanbapak “Anak itu Amanah dari Allah”

Standard

(On phone)

M: Kok mamah bingung ya, padahal mamah yang doain setiap hari, pas dikabulin Allah kok sedih

I: Jangankan mamah, teteh juga sedih

M: Mamah juga, besarin teteh dari bayi terus asa ga ikhlas kok udah mau diambil orang aja

I: Teteh juga sama, teteh perasaan masih bayinya mamah, teteh juga takut

M: Pak, bapak ridho kalo anaknya cepet diambil orang terus ga sempet ngebales apa yang bapak kasih?

B: Eh.. ngomongnya jangan kemana mana. Anak itu amanah Allah, emang itu kewajiban buat ngebesarin, ngasih ilmu, ngasih biaya. Ga usah ada yang diganti.

M: Iya, mamah mah ikhlas aja, kalo bapak ikhlas. Kan bapak yang nyari uang buat ngebesarin anak-anak.

M: (lanjut bercanda) Teh awas ya kalo ga bales budi, ga bales semua uang yang dikasih orang tua.

B:Ehh kan kan, anak itu cuma sebatas tugas yang dikasih ke kita buat dijaga baik-baik. Kalo udah mau ada yang ngambil yaudah ikhlaskan, berarti Allah ngasih tugasnya sampai di situ aja.

M:Heureuy atuh pak (translate: bercanda paaak)

I: Ih kan drama, jangan ngomong gitu. Ntar teteh nangis. Satu pesen dari teteh ya mah pak. Jangan pilihkan orang untuk teteh karena parameter duniawinya. Mau dia se kaya apa pun. Ga ada artinya. Uang bisa dicari, kalo pas rumah tangga ga ada beras juga ga mungkin jadi ibu-ibu yang diem aja, pasti bantu suami. Teteh nggak sholehah, tapi teteh pengen surga, jadi teteh butuh orang yang nuntun teteh ke sana.

M: Iya lah, uang mah bisa dicari bareng-bareng dari nol.

I: Teteh mau orang yang minimal setara, dan kalau bisa jauh di atas teteh. Kalau lah teteh paham ilmu tajwid, izinkan teteh menanyakan hal itu. Kalaulah teteh ga sentuhan saat salaman, izinkanlah teteh untuk dapat yang seperti itu. Kalaulah teteh pernah ngaji kitab kuning, izinkanlah teteh untuk menanyakan hal itu juga. Emang bukan itu yang dicari, tapi setidaknya ada parameter hitung. Tapi akhlak yang utama. Gimana solatnya, sikapnya. Itu yang bener-bener ditakutin.

B: Gausah takut, gausah banyak pikiran. Teteh anaknya bapak, tanggung jawabnya bapak. Bapak yang hadepin semuanya. Teteh mah santai aja.

#speechless

Standard

[MENIKAH]

Menikah, tentu kita tidak bisa menyamakan sudut pandang setiap orang, meskipun saudara kembar atau orang tua. Bagi sebagian orang, lebih cepat, lebih baik karena menghindarkan diri dari zina. Sebagian orang berpikir mengenai kemapanan, ah tapi kamu akan mengalami bagaimana rasanya tidak tertarik pada orang dengan penghasilan tinggi jika memang kecenderungan enggan muncul juga. Atau tentang seorang rupawan, yang kadang menarik matamu. Bukan juga.
.
.
Mungkin gadis-gadis seringkali bercanda dengan ucapan ingin dijodohkan dengan “pengusaha muda, kaya, ganteng, lembut, dan sholeh”. Waw emangnya ada? Adaaa…. tapi ternyata wahai gadis, ketika tiba-tiba ada sosok yang tak kau kenal dengan kriteria seperti itu, belum tentu kau mau bersamanya, ya.. kembali pada orientasi hidup dan pernikahanmu. Hartakah? Rupa? Tahta dan keturunan? Atau… ini yang paling langka, agama. Banyak orang beragama, pandai ilmu agama, tapi sedikit sekali orang yang berakhlak agama. Ya, berakhlak agama. Bukan yang munafik, melainkan dia yang berkomitmen tinggi pada Tuhannya.
.
.
Wahai gadis-gadis, rasanya sering berkode tentang jodoh, jodoh, dan jodoh demi menarik perhatian seseorang itu belum tentu baik. Apakah kalian pernah berpikir dan merasakan didatangi oleh banyak pria serius ke orang tuamu itu menyenangkan? Jawabku, tidak sama sekali! Tidak! Rasanya sungguhlah tidak enak!
.
.
Karena aku takut tertarik pada parameter-parameter duniawi yang sulit aku elakkan. Kaya, tampan, keluarga berpendidikan, kemudian aku harus berjuang untuk mengingatkan bahwa semua itu fana hey..
Aku bisa sombong gara-gara harta dunia yang setitik, atau aku bisa sombong dengan memiliki suami tampan dan anak-anak yang lucu. Aku bisa sombong karena latar belakang keluarga. Ah, mengerikan.
.
.
Aku, tidak shalihah, tidak ada yang unggul dari pada ku, dosa ku banyak, banyaaaak sekali, dan aku sangat membutuhkan seseorang yang bisa mengangkatku dari siksa neraka. Aku ingin belajar bersama-sama tentang agama, tentang Tuhan, aku akan mati, iya mati. Aku butuh teman hidup yang harus ku pilih dengan selektif, ah tapi jodoh sudah tertulis di lauhul mahfudz, pasti memang akan dijodohkan dengan jodoh kita kan. Okay, hmm hamba memohon kepada-Mu Yaa Rabb.. jadikanlah hamba dan jodoh hamba sebagai hamba-hamba yang taat kepada-Mu, menuju ridho-Mu.

View on Path