Resep Cheevon Banana Cake (Bolu Pisang)

Standard

Hallo reader, kali ini saya akan berbagi resep sederhana untuk membuat bolu pisang yang volumetrik hoho. Bolu pisang ini bisa enak banget, tapi salah-salah resep malah jadi eneg.

Oke berikut ini resep yang saya buat, have a nice reading! πŸ™‚
Bahan A:

– 3 putih telur

– 1/2 sdt vanili

– 1 sdt garam

– 100 gram gula pasir

Bahan B:

– 3 kuning telur

– 1/2 sdt garam

– 1 sdt baking powder

– 5 buah pisang ambon

– 100 gram gula pasir

– 90 gram tepung terigu

– 60 gram mentega cair

– 40 gram minyak goreng
PROSEDUR

1. Campurkan bahan A, kocok dengan kecepatan rendah selama 5 menit, kemudian ubah pada kecepatan tertinggi sampai adonan putih telur mengembang membentuk buih, kaku, dan tidak tumpah saat adonan dibalik. Sisihkan adonan A.

2. Buat adonan B, kocok kuning telur, gula pasir, garam, dan baking powder. Gunakan speed tinggi dan kocok hingga pucat. Masukan sedikit demi sedikit pisang ambon yang telah dihaluskan sebelumnya menggunakan garpu. Setelah tercampur rata, masukan terigu yang telah diayak sebelumnya. Dan terakhir masukan mentega dan minyak goreng secara perlahan pada adonan. Dan matikan mixer setelah tercampur rata.

3. Campurkan adonan A ke adonan B secara perlahan diaduk dan dibalik sampai menghasilkan tekstur akhir adonan campuran yang berbuih. Selagi mencampur adonan, pananskan oven atau pun baking pan, gunakan api kecil (jika menggunakan kompor), jika menggunakan oven listrik gunakan suhu 180 ‘C

4. Masukan adonan campuran pada loyang yang telah dilumuri mentega dan terigu sebelumnya.

5. Panggang adonan dengan api kecil selama kurang lebih 30 menit, dan tusuk dengan garpu atau pun ujung sendok untuk mengecek apakah bagian dalam adonan sudah matang atau belum. Jika belum, maka akan ada adonan yang teksturnya masih basah dan menempel pada garpu. Dan setelah api dimatikan, jangan langsung membuka pan, tunggu hingga suhu pan hampir mendekati suhu ruang (ditandai dengan ttup pan yang berembun. Cake siap disajikan dalam keadaan hangat.

Well, karena saya anak peternakan, jadi di akhir resep saya hendak memberi info sekaligus mengingat-ingat materi kuliah ya πŸ™‚

1. Mengapa saat pengocokan putih telur harus diawali dengan speed rendah dan diikuti dengan speed tinggi?

Alasannya karena speed rendah berfungsi untuk memecah struktur protein menjadi lebih sederhana sehingga dapat membentuk buih-buih (dispersi koloid fase gas dalam fase cair) sebanyak mungkin, kemudian speed dinaikan menjadi sangat tinggi untuk memperbesar ukuran buih pada adonan. Buih dapat terbentuk dari pengocokan putih telur (albumin) akibat terdapatnya senyawa berupa beberapa protein yang mempunyai kemampuan dan fungsi yang berbeda-beda.

Ovomucin mampu membentuk lapisan atau film yang tidak larut dalam air dan dapat menstabilkan buih yang terbentuk. 

Globulin mempunyai kemampuan untuk meningkatkan kekentalan dan menurunkan kecenderungan pemisahan cairan dari gelembung udara juga dapat menurunkan tegangan permukaan, sehingga membantu tahapan pembentukan busa. Untuk membentuk gelembung udara yang kecil, banyak, dan lembut diperlukan tegangan permukaan yang rendah.

Sedangkan, ovalbumin adalah protein yang dapat membantu membentuk busa yang kuat.

2. Apa fungsi pembentukan buih pada adonan cake?

Untuk menghasilkan cake yang mengembang (tidak bantat) secara teknis atau perlakuan fisik dan tentunya dapat didukung dengan perlakuan kimiawi seperti penambahan bahan tambahan pangan (BTP) yang dapat ditambahkan sesuai ADI (Acceptable Daily Intake) yang dapat dicari di google.

3. Mengapa kuning telur ditambahkan pada adonan B bukan pada adonan A?

Karena kuning telur (yolk) memiliki sifat fisikokimia sebagai emulsifier yang dapat menyatukan air dan minyak. Pada adonan B terdapat penambahan pisang dan gula pasir yang memiliki kandungan air serta penambahan mentega cair dan minyak sehingga yolk dapat membantu menyatukan dua zat tersebut karena memiliki sisi hidrofilik dan lipofilik.

4. Mengapa sesaat setelah matang, baking pan jangan langsung dibuka?

Karena jika mengalami shock suhu, maka cake akan kempes. Biarkan suhunya turun hingga mendekati suhu ruang, barulah cake dibuka sehingga tidak mengalami shock lingkungan.
Have a nice reading mommies and ladies, semoga bermanfaat πŸ˜‰

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s